23.18

Kromium Cegah Diabetes


Diabetes melitus adalah suatu penyakit gangguan kesehatan di mana kadar gula dalam darah seseorang menjadi tinggi karena gula dalam darah tidak dapat digunakan oleh tubuh. Diabetes Mellitus / DM dikenal juga dengan sebutan penyakit gula darah atau kencing manis yang mempunyai jumlah penderita yang cukup banyak di Indonesia juga di seluruh dunia.

Pada orang yang sehat karbohidrat dalam makanan yang dimakan akan diubah menjadi glukosa yang akan didistribusikan ke seluruh sel tubuh untuk dijadikan energi dengan bantuan insulin. Pada orang yang menderita kencing manis, glukosa sulit masuk ke dalam sel karena sedikit atau tidak adanya zat insulin dalam tubuh. Akibatnya kadar glukosa dalam darah menjadi tinggi yang nantinya dapat memberikan efek samping yang bersifat negatif atau merugikan.

Kadar gula yang tinggi akan dibuang melalui air seni. Dengan demikian air seni penderita kencing manis akan mengandung gula sehingga sering dilebung atau dikerubuti semut. Selanjutnya orang tersebut akan kekurangan energi / tenaga, mudah lelah, lemas, mudah haus dan lapar, sering kesemutan, sering buang air kecil, gatal-gatal, dan sebagainya. Kandungan atau kadar gula penderita diabetes saat puasa adalah lebih dari 126 mg/dl dan saat tidak puasa atau normal lebih dari 200 mg/dl. Pada orang normal kadar gulanya berkisar 60-120 mg/dl.

Terdapat dua tipe diabetes mellitus, DM tipe 1 adalah di mana tubuh kekurangan hormon insulin atau istilahnya Insulin Dependent Diabetes Mellitus (IDDM) dan DM tipe 2 di mana hormon insulin dalam tubuh tidak dapat berfungsi dengan semestinya atau istilahnya Non-Insulin Dependent Diabetes Mellitus (NIDDM).

Penyakit yang akan ditimbulkan oleh penyakit gula darah ini adalah:

- Sering buang air kecil
- Rasa haus berlebihan
- Cepat merasa lapar
- Berat badan turun drastis
- Cepat lelah
- Kurang semangat dan konsentrasi
- Muntah-muntah dan sakit perut (sering keliru sebagai flu atau selesma)
- Kesemutan atau mati rasa di tangan atau kaki
- Penglihatan kabur
- Sering infeksi
- Luka sulit sembuh

Oleh sebab itu sangat dianjurkan melakukan perawatan yang serius bagi penderita serta melaksanakan / menjalani gaya hidup yang sehat dan baik bagi yang masih sehat maupun yang sudah sakit.


Kromium (Cr) merupakan salah satu mikromineral yang dapat digunakan untuk menurunkan gula darah. Kromium trivalen (Cr(III), atau Cr3+) diperlukan dalam jumlah kecil dalam metabolisme gula pada manusia. Mineral ini dianggap mampu meningkatkan kerja insulin dan terlibat di dalam metabolisme karbohidrat, lemak dan protein. Dosis umum yang diberikan untuk penderita diabetes adalah 200mikrogram per hari. Manfaat pemberian mineral ini adalah:

-Meningkatkan kerja hormon insulin
-Meningkatkan toleransi glukosa dalam tubuh
-Menjaga kestabilan gula darah




0 komentar: